Iklan Dibawah header

Cara Menghilangkan Air Sumur Bau Comberan/got, Lumpur, Bangkai Tikus dan Besi

Sumur adalah hal yang paling penting dalam kehidupan warga indonesia. Kenapa sangat penting? karena kebanyakan orang indonesia sumber kehidupanya dari air di sumur ini, untuk mandi untuk mencuci baju, memasak dan untuk minum sehari harinya.



Lain cerita kalo hidup digunung atau didataran tinggi yang notabene menggunakan mata air untuk kehidupan sehari hari. Kalo berbicara tentang mata air mungkin yang terlintas dipikiran kita yaitu airnya yang segar dan jernih sehingga disebagian wilayah ada yang bisa diminum langsung. Ya memang benar begitu kenyataanya.

Tapi sudah beda lagi jika kita cerita tentang sumur yang kebanyakan dibangun diwilayah yang jauh dari pegunungan karena tidak adanya sumber mata air. Sumur itu buatan manusia sedangkan mata air adalah buatan Gusti Allah yang maha sempurna.

Nah timbulnya masalah disini, sesuatu yang dibuat manusia sehebat apapun pasti selalu ada kekuranganya. Salah satunya ya sumur bau yang akan kita bahas ini.

Sumur itu terbagi menadi 2 yaitu konvensional dan bor. Sumur konvensional adalah sumur yang terbuka dan dinding lingkarnya terbuat dari gorong2 atau batu bata, Sedangkan sumur bor adalah sumur tertutup yang dibuat hanya untuk satu ukuran pipa masuk kedalam tanah beberapa meter.

Cara Mengatasi Air Sumur Bau


Jadi biasanya yang mengalami banyak problem adalah yang konvensional, Dikarenakan terbuka, Jadi apapun bisa masuk. Dan sebenarnya banyak penyebab sumur bau yang sangat berpengaruh terhadap kasus ini, Seperti dibawah ini :

Letak Sumur Dekat Dengan Irigasi atau Saluran Pembuangan

Pernah dengar sumur bau comberan atau bau got? Yah, ini salah satu faktor penyebab adanya bau tak sedap itu. Memang sangat tidak nyaman jika air yang sehari hari kita pakai bau comberan.

Saran saya sebelum membuat sumur, dilihat lihat dulu lokasi sekitarnya. Apakah cocok atau tidaknya untuk membuat sumur. Tapi untuk yang sudah terlanjur membuat dekat dengan saluran pembuangan silakan baca artikel ini sampe selesai untuk mengetahui solusi sumur bau comberan ini.

➤ Sumur Dekat Dengan Persawahan

Sebenarnya tidak masalah membuat sumur dekat sawah kalo memang lokasi rumahnya dipinggir sawah. Tapi apakah sobat memikirkan airnya? Air sumur dekat sawah biasanya cenderung bau lumpur. Secara logika orang awam saja sudah bisa ditebak pastinya air sumur itu bau lumpur. Tapi jangan kawatir, diartikel ini akan membahas secara tuntas untuk solusinya.

Penyebab Sumur Bau


Sumur Tidak Ditutup, Sehingga Banyak Benda atau Hewan Dari Luar Masuk Kedalam

Sumur yang terbuka cenderung lebih beresiko tinggi daripada yang tertutup untuk masalah kebersihannya. Karena saat terbuka, kita tidak tau benda apa saja yang masuk kedalam sumur tersebut.

Tak terkecuali hewan curut yang mati didalam sumur, Sehingga pada sebagian kasus banyak air sumur bau bangkai tikus. Masalah ini sering terjadi pada sumur konvensional dikarenakan terbuka, lain daripada sumur bor yang tertutup rapi.

Untuk solusi air sumur bau bangkai tikus ini cukup gampang mengatasinya, Yaitu dengan cara mengambil bangkainya lalu menguras airnya. Setelah itu diamkan beberapa hari sehingga air sumur kembali terisi dengan sendirinya.

➤ Sumur Berada Ditempat Yang Banyak Mengandung Zat Kimia

Ini adalah Faktor yang menurut saya membahayakan, Dan jangan sampai sekali kali sobat mengkonsumsi air dari sumur tersebut sebelum tahu kandungan apa yang ada didalam air tersebut. Ada yang berpendapat bahwa ciri2 air yang terdampak zat kimia yaitu air sumur bau besi.

Maka dari itu jikalau sobat menemukan sumur yang airnya seperti ini jangan dikonsumsi dulu yah. Harus diadakan penelitian dahulu sebelum air sumur bau besi dinyatakan layak untuk diminum.

Cara Mengatasi Sumur Bau dan Keruh


Setelah melihat banyaknya faktor penyebab sumur bau, Kini saatnya saya akan membahas beberapa cara mengatasi sumur bau dan keruh. Silakan nanti diterapkan pada sumur masing2, Berikut solusinya:

Dengan Menggunakan Larutan Sodium Hipoclhorit.

Sodium Hipoclhorit adalah zat kimia cair yang pada umumya orang biasa menamakanya sebagai kaporit cair. Kaporit adaah zat yang memang salah satu fungsinya untuk membunuh dan menghentikan aktifitas bakteri didalam air sumur tersebut dan menjernihkan serta menghilangkan bau air sumur.

Larutan Sodium Hipoclhorit ini saat ini masih mudah dijumpai di pasaran yang menjual bahan kimia dan harganya juga terjangkau. jadi jangan kawatir kantong jebol hanya untuk menghilangkan air sumur yang bau tersebut.

Jadi cara penggunaannya yaitu dengan cara menuangkannya langsung kedalam sumur. Untuk takaran Sodium Hipoclhorit adalah 0,2% dari jumlah air.

Setelah dituangkan silakan tunggu beberapa hari agar bakteri didalam sumur tersebut pada mati. Tapi saat proses menunggu itu, jangan sekali kali menggunakan air tersebut apalagi mengkonsumsinya. Karena bahaya juga.

Baca Juga : 3 Tips Jitu Menjernihkan air sumur yang hitam keruh dan berbusa

Silakan tunggu hingga benar2 hilang baunya. Setelah hilangpun jangan dulu diminum hingga airnya dikuras terlebih dahulu supaya benar2 bersih dari bahan kimia tersebut.

Pemberiaan Sodium Hipoclhorit 0,2% dari jumlah air adalah takaran umum yang biasanya sudah manjur untuk menghilangkan bau air sumur. Tapi jika masih bandel baunya, Silakan di tambahkan takarannya untuk hasil lebih maksimal.

Saya kira cukup sampai disini dulu pembahasan mengenai Cara Menghilangkan Air Sumur Bau Comberan/got, Lumpur, Bangkai Tikus dan Besi. Silakan bereksperimen. Terimakasih telah membaca artikel ini.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menghilangkan Air Sumur Bau Comberan/got, Lumpur, Bangkai Tikus dan Besi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel